Sabtu, 01 Desember 2012

Sistem Jaringan Internet



 A.    Jaringan komputer
   Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Yang dihubungkan dengan menggunakan protokol  Transmission Control Protocol/ Internet Protokol (TCO/IP). Jaringan komputer berdasarkan skalanya:
    1. Local Area Network (LAN)
     Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

Keuntungan LAN:
   a.     Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah.
   b.    Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client.
   c.    Resiko kehilangan data oleh virus menjadi sangat kecil.


    2. Metropolitan Area Network (MAN)
    Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

  Keuntungan MAN:
    a.     Jangkauan lebih luas dari LAN.
    b.     Lebih irit kabel jaringan.
    c.     Dapat berhubungan jaringan tv kabel.
     3. Wide Area Network (WAN)
   Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

   Keuntungan WAN:
    a.     Komunikasi antarkota dapat menggunakan e-mail dan chat


     B. Akses Jaringan Internet
      
          1. Dial-Up
      Dial-up adalah kses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
      Perangkat dial-up:
     a. Modem (Modulator Demodulator)
     b. Unit komputer
     c. Jaringan telepon
        2. ADSL
       ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.


      3. GPRS

   GPRS (General Packet Radio Service) adalah suatu teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS sering disebut dengan teknologi 2G. GPRS memungkinkan kita untuk mengakses e-mail, internet, mms, dll. Secara teori GPRS memberikan kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps. GPRS disingkat dengan huruf G.
     4. Wireless
    Wireless network merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Pada dasarnya wireless dengan LAN merupakan sama-sama jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, yang membedakan antara keduanya adalah media jalur lintas data yang digunakan, jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangkan wireless menggunakan media gelombang radio/udara. Penerapan dari aplikasi wireless network ini antara lain adalah jaringan nirkabel diperusahaan, atau mobile communication seperti handphone, dan HT.
   5. VSAT
  VSAT adalah terminal pemancar dan penerima transmisi satelit yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung ke hub sentral melalui satelit dengan menggunakan antena parabola diameter hingga 4 meter. Jaringan VSAT adalah layanan tambahan dari penyedia jasa satelit untuk mendukung aplikasi Internet, data, LAN, suara dan faksimili seta VOIP. VSAT sesuai dengan kebutuhan jaringan komunikasi publik maupun private.
 C. kecepatan Akses Internet 
  Kecepatan akses Internet dapat diukur dari lebar pita (bandwidth) yang merupakan ukuran dari besarnya kapasitas untuk pemindahan atau transfer data. Semakin besarbandwidth yang dimiliki, maka kecepatan aksesnya semakin besar.
Satuan kecepatan akses Internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second ). 1 kilobits sama dengan 1.000 bits dan 1 megabits sama dengan 1.000.000 bits. Misalnya, kecepatan akses Internet suatu komputer adalah 56 Kbps. Artinya, komputer tersebut dapat mendownload data sebesar 56 Kb dalam waktu 1 detik.
  Pada kenyataannya, kecepatan akses Internet dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Faktor yang mempengaruhikecepatan akses Internet diantaranya adalah:
  1. Kecepatan komputer pelanggan.
  2. Kepadatan lalu lintas Internet sepanjang rute yang dilalui.
  3. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet.
  4. Jumlah yang mengakses server secara bersamaan. 
  5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan menakses.Berikut kecepatan jaringan internet 
  1. Kecepatan Dial-Up mencapai 56 kbps 
  2. Kecepatan ADSL :
  • Untuk line rate 384 Kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 337 Kbps.
  • Untuk line rate 384 Kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 40 Kbps.
  • Untuk line rate 512 Kbps, bandwidth maksimum yang didapatkan mendekati 450 kbps.
  • Untuk line rate 512 Kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang biasa didapatkan sekitar 52 Kbps.
   3. Kecepatan  GPRS mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps.
   
     


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar